Tugas Diri Sebagai Individu, Keluarga Dan Masyarakat.

06.28 Unknown 0 Comments


Assalamualaiku Wr.WB

Manusia memiliki arti sebagai makhluk yang berakal budi dan mampu menguasai makhluk lain. Makhluk sendiri memiliki arti bahwa segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan. Individu mengandung arti bahwa manusia mampu berdiri sendiri. Dan untuk sosial memiliki arti bahwa manusia pun membutuhkan manusia yang lain untuk berinteraksi. Pada dasarnya, kegiatan atau aktivitas seseorang ditujukan untuk memenuhi kepentingan diri dan kebutuhan diri. Sebagai makhluk dengan kesatuan jiwa dan raga, maka aktivitas individu adalah untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan jiwa, rohani, atau psikologis, serta kebutuhan jasmani atau biologis. Pemenuhan kebutuhan tersebut adalah dalam rangka menjalani kebutuhannya.
Saya akan menjelaskan beberapa tugas diri saya sendiri yang harus saya lakukan sebagai makhluk sosial :

1. Tugas diri sebagai individu.
            Tugas diri sebagai individu adalah tugas diri yang paling kecil ruang lingkupnya , karna ini menyangkut diri kita sendiri  . beberapa tugas diri saya sebagai individu atau yang menyangkut diri sendiri  adalah menuntut ilmu dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan supaya saya tetap menjadi pribadi yang berguna untuk nusa dan bangsa juga tidak tertinggal dengar era globalisasi masa kini. Ini termasuk ke dalah hak saya sebagai individu ,karna ilmu pengetahuan adalah kebutuhan diri saya sendiri .
            Menjadi orang yang berguna jugalah tugas masing-masing individu itu sendiri . selain itu menjalankan perintah agama yang saya anut menurut saya adalah tugas saya sebagai individu , karna agama adalah kebutuhan rohani masing masing manusia , bukan kebutuhan bersama .


2. Tugas diri di Keluarga .
            Tentunya sebagai anak yang berbakti kepada orang tua tugas saya di keluarga adalah menghormati orang tua dan mentaati setiap perintah yang ada di keluarga saya . di salah keluar ga saya juga memiliki hak dan kewajiban seperti : hak mendapatkan kasih sayang , mendapatkan kehidupan yang layak , mendapatkan bimbingan dan pengetahuan . dan kewajiban di lingkungan keluarga saya membantu orang tua, mentaati semua peraturan keluarga, menjaga nama baik keluarga juga membahagiakan orang tua .
            Salah satu yag saya lakukan untuk membahagiakan orang tua adalah menuntut ilmu sungguh-sungguh supaya nantinya bisa berguna untuk keluarga dan menyenangkan orang tua .
            Suatu saat nanti saya akan bekerja dan  memiliki keluarga *aamin. Dan pada saat itu tugas saya di keluarga pasti berubah , karna dari posisi sebagai  anak yang dibiayai orangtua saya akan membiayai orang tua atau membiayai keluarga saya .

3. tugas diri di masyarakat

            Manusia sebagai makhluk sosia harus memenuhinya dengan bermasyarakat . karna saya sendiri sebagai manusia saya harus pandai untuk bermasyarakat, dan tugas saya di lingkungan masyarakat menurut saya adalah mentaati peraturan yang ada di masyarakat, ikut menjaga ketertiban di masyarakat , tidak berlaku yang negative atau bias meresahkan masyarakat .
            Mungkin salah satu contohnya adalah menjaga ketertiban yang ada di lingkungan RT/RW kita sendiri yang dibuat orang sekelompok masyarakat yang tinggal di lingkungan kita. Karna kita termasuk di dalahmnya itulah tugas kita untuk mentaati peraturan tersebut supaya  kita atau saya sendiri menjadi rugi karnanya.      

            Menurut saya itulah beberapa tugas saya sendiri baik secara individu , di dalam lingkungan keluarga ataupun di lingkungan masyarakat. Yang terpenting dari semua ini adalah dimana kita bisa mengetahui apa tugas , hak ataupun kewajiban kita sebagai makhluk individu atau makhluk sosian di manapun lingkungannya itu .
           
            Wassalamu’alaikum Wr.Wb

You Might Also Like

0 komentar: