Pemodelan Grafis game 2D dan 3D

06.14 Unknown 0 Comments

 

Grafik Komputer 2D



Grafik komputer 2D adalah pembuatan objek gambar yang masih berbasis gambar dengan perspektif 2 titik. Contohnya seperti gambar teks, bangun 2D seperti segitiga, persegi, lingkaran dsb.  Obyek grafik 2-D ini terdiri dari sekumpulan titik-titik 2-D yang dihubungkan dengan garis lurus baik berupa polyline, polygon atau kurva. Obyek grafik 2-D ini dinyatakan sebagai array 1-D, atau linked-list. Grafik komputer 2D kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster dll.

Bagian-bagian dari grafik 2 Dimensi :

1.     Pixel Art
Pixel art adalah sebuah bentuk seni digital yang diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan diedit pada tingkat pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game lama, dan juga dapat ditemukan pada handphoneyang masih menggunakan layar monochrome.

Pixel Art mempunyai beberapa teknik yaitu:

1. Garis Lurus
Di dalam pixel art, kita tidak bisa menggambar sembarang garis, karena jika kita tidak melakukannya dengan benar, garis tersebut akan terlihat ‘jaggy’ atau tidak halus.



2. Garis Melengkung
Untuk pelengkungan, pixel yang digambar pada setiap lengkungan harus konsisten dan berurutan, agar hasilnya terlihat halus. Garis lengkung yang baik harus menggunakan formasi pixel 6 > 3 > 2 > 1, sedangkan garis lengkung yang buruk hanya menggunakan formasi 3> 1> 3.




3. Dithering Dalam pixel art, proses membuat sebuah gradiasi, yaitu dengan menggunakan teknik dithering. Dithering adalah salah satu teknik dari program komputer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasarkan dari pencampuran warna-warna lainnya, ketika warna yang dimaksud tidak ada.

4. Anti-aliasing Teknik anti-aliasing digunakan untuk memberikan tampilan yang lebih halus pada garis lengkung. Jika kita membuat sebuah garis melengkung di photoshop, lalu diperpesar tampilannya, maka akan terlihat formasi pixel seperti berikut ini:


Untuk menerapkan teknik anti alias ini, dapat dilakukan dengan membuat warna utama yang diiringii dengan warna yang value-nya lebih kecil dari warna utama, atau yang value-nya mendekati warna background jika kita ingin agar garis terintegrasi dengan background.


Grafik Komputer 3D


Grafik komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada aloritma-algoritma. Obyek 3-D adalah sekumpulan titik-titik 3-D (x,y,z) yang membentuk luasan-luasan (face) yang digabungkan menjadi satu kesatuan. Face adalah gabungan titik-titik yang membentuk luasan tertentu atau sering dinamakan dengan sisi.Grafik tiga dimensi adalah bidang penelitian yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya perangkat keras. Para peneliti maupun praktisi industri menggunakan grafik tiga dimensi untuk menvisualisasikan data yang ada sehingga lebih mudah untuk dianalisa. Selain untuk visualisasi data, grafik tiga dimensi juga banyak digunakan untuk efek film, simulasi, dan game.

Ray tracing merupakan metode penggambaran tiga dimensi yang banyak digunakan untuk menvisualisasikan suatu bentuk atau objek sehingga mendekati kualitas foto (foto realistik). Ray racing merupakan metode penggambaran yang mudah dipahami secara konseptual tetapi pada implementasinya terdapat kelemahan. Salah satu kelemahan pada ray tracing adalah daya komputasi yang dibutuhkan untuk perhitungan sangat besar sehingga diperlukan metode tambahan untuk mempercepat proses perhitungan.

Elemen – elemen pembentuk grafik meliputi :

Geometri

Geometri adalah kumpulan dari titik – titik yang membentuk garis, dari garis tersebut bisa dibentuk menjadi suatu objek 2 dimensi ataupun 3 dimensi.
Geometri 2 Dimensi adalah suatu bidang yang terbentuk dari garis yang mempunyai ukuran panjang dan lebar. Misalnya, pola berbentuk kotak, lingkaran, segitiga, dll.
Sedangkan geometri 3 Dimensi adalah bidang yang terbentuk mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Misalnya, kubus, balok, tabung, dan bangun ruang lainnya.



Warna

Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatucahaya sempurna (berwarna putih). Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut. Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 380 – 780 nanometer.

Pembentukan citra oleh sensor mata manusia :
·       Intensitas cahaya ditangkap oleh diagram iris dan diteruskan ke bagian retina mata
·       Bayangan objek pada retina mata dibentuk dengan mengikuti konsep sistem optik dimana fokus lensa terletak antara retina dan lensa mata
·   Mata dan syaraf otak dapat menginterprestasi bayangan yang merupakan objek pada posisi terbalik.


Warna primer RBG

Warna primer RBG adalah merah, hijau dan biru. Campuran warna cahaya merah dan hijau menghasilkan nuansa warna kuning atau orange. Campuran hijau dan biru menghasilkan warna cyan, sedangkan campuran merah dan biru menghasilkan nuansa ungu dan magenta. Campuran dengan komposisi seimbang dari warna primer menghasilkan nuansa warna kelabu. Jika ketiga warna disaturasikan penuh maka akan menghasilkan warna putih.



Warna primer CYM

Dalam industri percetakan, untuk menghasilkan warna bervariasi diterapkan pemakaian warna primer : magenta, kuning dan cyan.
Campuran kuning dan cyan menghasilkan nuansa warna hijau, campuran kuning dengan magenta menghasilkan nuansa warna merah, sedangkan campuran magenta dengan cyan menghasilkan nuansa biru. Dalam teori, campuran ketiga warna ini dalam ukuran seimbang akan menghasilkan nuansa warna kelabu dan akan menjadi hitam jika ketiganya disaturasikan secara penuh. Tetapi dalam praktiknya hasilnya senderung menjadi warna kotor kecoklatan. Oleh karena itu seringkali dipakai warna keempat yaitu hitam, sebagai tambahan dari cyan.





CONTOH TAHAP DASAR GAME 3D

    1.     Buatlah object atau karakter di software 3D ->
     modeling -> Texturing -> Rigging -  >Animating.
    2.     export file object tersebut kedalam sebuah file .fbx (rata rata untuk 3d).
    3.     Import file object tersebut kedalam game engine.

Setelah anda memiliki sebuah object yang sudah di import ke game engine, maka anda tinggal memerintahkan object tersebut untuk bergerak maju, mundur, melompat menggunakan script.

Contoh : Jika tombol “w” ditekan maka object akan berjalan sesuai sudah kita buat di software 3d modeling. gabungkanlah semua itu menjadi sebuah cerita seperti benda hidup, dan jadilah sebuah game. itu hanya gambaran kecil contoh dasar membuat game
Beberapa aplikasi pembuat game :

     1.     Blender 3D


Blender mrupakan salah satu software animasi 3D. Software ini dapat didownload secara gratis disitus resmi blender. (blender.org). Pada awalnya blender mrupakan software internal dlm prusahaan neogeo, sbuah prusahaan animasi terbesar di Belanda pada decade 90-an TON ROOSENDAL adalah org yang bertanggung jawab dalam menangani pengembangan software internal di Neogeo pada waktu itu.

Blender adalah grafis 3D aplikasi yg dpt digunakan untuk pemodelan, teksturing rendering, editing dan membuat aplikasi 3D interaktif termasuk permainan video, film animasi atau efek visual. Blender juga merupakan salah satu free open source 3D konten penciptaan suite tersedia untuk sistem oprasi termasuk linux dan digunakan untuk dikembangkan secara komersial tetapi sekarang dirilis dibawah GPL. Blender memiliki fitur sama kuat mengatur dlm lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software seperti softimage II xsl, cinema 4D, 3DS Max dan maya. perangkat lunak ini juga berisi fitur yang merupakan ciri khas dari model perangkat lunak hight-end dan merupakan open source yang paling populer grafis 3D aplikasi yang tersedia

     2.     Unreal engine


Unreal Engine merupakan salah satu game engine yang populer digunakan untuk mengembangkan game berbasis mobile seperti Android dan iOS. Selain itu, pengembang yang menggunakan Unreal Engine ini dapat juga mengembangkan game untuk Playstation, X Box, Windows, Mac OS, Linux, HTML5, Steam, dan yang terbaru Oculus Rift.

Untuk dapat mengembangkan game menggunakan Unreal Engine ini pengembangnya harus menguasai bahasa pemrograman C++. Sementara itu, apabila pengembang ingin mempelajari fungsi-fungsi dan implementasi bahasa pemrograman C++ terhadap Unreal Engine ini dapat mengunjungi halaman resmi dari dokumentasi Unreal Engine yang menjelaskan dan memberikan pemahanan dalam pemrogaman game secara bertahap.

Dalam halaman tersebut tidak hanya tutorial mengenai pemrograman saja yang ditampilkan melainkan ada juga tutorial untuk membuat lingkungan, membuat animasi, mengembangkan objek 3 dimensi, menyusun game, membuat level game, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengembang game dapat juga mencoba template, contoh game, maupun melihat video tutorial yang disediakan oleh Unreal Engine agar dapat mempelajarinya lebih mudah.


Perkembangan game 


Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang), di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Bahkan, perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company. Sampai sekarang game ‘jadul’ ini masih populer di internet.





       Tahun 1972 Sebuah perusahaan bernama Magnavox meluncurkan video game pertama, yaitu Odyssey. Magnavox Odyssey tidak sukses di saat itu.Tidak lama setelah itu sebuah game arcade legendaris Atari berjudul “Pong” muncul. Atari merilis Pong dalam bentuk sebuah mesin ding dong bernama Sears.




Awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card. Jadi, memang terasa bahwa pasar game komputer semakin berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Di sisi konsumen, game pun menjadi lebih nyata dan menarik.




          Pada tahun 1990 an game semakin berkembang , perusahaan besar membuat video game seperti sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360, dan Nintendo. Dengan semakin majunya video game grafis yang dapat ditampilkan semakin bagus dan lebih menonjolkan grafik 3D.







 
      
   Tahun 2000 an hingga sekarang video game semakin berkembang dengan lebih majunya video graphic card membuat tampilan grafik terlihat lebih nyata dan bahkan game PC dapat menampilkan grafis yang lebih bagus dibandingkan grafis di console game seperti PS, xbox , dan Nintendo.     







You Might Also Like

0 komentar: