SEJARAH INTERNT DAN PERKEMBANGANNYA

05.32 Unknown 0 Comments

Pengertian Internet


Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin “inter”, yang berarti “antara”. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Memang itulah fungsinya, INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.
Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX), INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.

Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan"). 


sejarah internet  



Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa sebenarnya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer adalah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi, misalnya dalam satu kantor atau gedung. Jaringan komputer ini berfungsi agar pengguna komputer bisa bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.
Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar informasi melalui jaringan komputer.
Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer.

1. Sejarah dari adanya intenet dimulai

Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer.
 
  • Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960. Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik. 


    • pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
    • Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
    • ARPANET kemudian merancang sebuah jaringan dengan kehandalan teknologi informasi yang dapat memindahkan data dalam jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, dan ditetapkan sebagai sebuah standar pembangunan protokol baru yang saat ini dikenal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) dan disinilah awal dari segala sejarah internet yang dikenal luas sampai saat ini

    perkembangan ARPANET

    • Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.

    • Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.

    • Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.


    • Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling berkomunikasi pada jaringan internet ini.
    • Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
    • Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

    Tim Berners-Lee


    •  Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.





    Perkembangan Internet


    sampai saat ini internet terus berkembang dan semakin banyak penggunanya , bahkan internet menjadi kebutuh yang yang sangat penting untuk sebagian orang dalam hidup ataupun dalam pekerjaanya .

    berikut ini adalah beberapa fasilitas yang ada pada internet :

    1. Collaborative project : Suatu media social yang dapat membuat sebuah konten dan di dalam pembuatannya dapat di akses oleh seluruh khalayak secara global, contohnya : Wiki, dan aplikasi bookmark social.
    2. Blogs and Microblogs : Suatu website yang menyampaikan mengenai opini, pengalaman, atau kegiatan sehari – hari, dimana aplikasi ini dapat membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun
    3. Content Communities : Sebuah aplikasi yang bertujuan untuk saling berbagi dengan orang lain, baik dengan jarak jauh maupun dekat (berbagi gambar, video, eboook, dan lain – lain)
    4. Social Networing Sites : Sebuah situs yang membantu seseorang untuk membuat sebuah profile dan dapat menghubungkannya dengan pengguna lain (Instagram, Path, Facebook, Twitter, dan lain – lain)
    5. Virtual Games : Permainan dunia virtual, dimana mereplikasikan lingkungan 3D, dan user bisa muncul dengan avatar – avatar yang diinginkannya.
    6. Virtual Social : Merupakan sebuah aplikasi yang mensimulaskan kehidupan melalui internet, situs ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan menggunakan sebuah avatar yang mirip kehidupannya.
    di bidang komunikasi internet juga sangat berperan di era sekarang ini , selain dari media-media lain internet terasa lebih diunggulkan karna kemudahan dan fitur-fitur yang lebih banya kditawarkan dan menarik para masyarakat maupun pengguna internet sendiri , berikut fakta tentang internet di bidang komunikasi :

    1. Butuh 30 tahun untuk radio
    2. Butuh 15 tahun untuk televisi, dan
    3. Hanya Butuh 3 tahun untuk web dengan aplikasi: mail,WWW, NewsGroup FTP Gopher dan lain-lain
    Kalau dilihat dari fakta demikian, tentu Kegunaan Internet semakin berkembang dalam memenuhi tuntutan para penggunanya yang mencakup media online, transportasi, transaksi, dan lain sebagainya.Perbedaan internet dibandingkan media komunikasi lain dapat di lihat dari dua sisi, yaitu pengunaannya oleh komunikator dan komunikan serta dari sisi karakteristik internet itu sendiri sebagai sebuah media komunikasi. Perbedaan karakteristik internet dibandingkan dengan media lain dalam system operasional adalah sebagai berikut :
    1. Perbedaan yang utama dan makro tersebut yaitu, internet adalah media berbasiskan komputer.
    2. Internet sebagai media komunikasi yang memiliki penawaran interaktif dan dinamis terhadap para penggunanya.
    3. Media internet mampu menjadi pusat informasi dimana internet adalah sumber informasi yang tidak terbatas.
    4. Luas jangkauan dari media internet tentu saja melintas antar benua, antar negara, serta antar budaya.
    5. Fungsi internet sebagai media, selain sama dengan fungsi media lain, media internet juga memiliki banyak penawaran untuk pengembangan bidang jasa maupun bisnis dimana hal ini menjadi satu bagian dari gaya hidup.

    selain dari banyak fitur di atas , semua pasti memiliki dampak negatifnya , begitu juga internet selain banya menghadirkan kemudahan dan dampak positif bagi penggunanya ada juga sisi negatif bagi penggunanya . berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari INTERNET :

    Dampak Positif :
     
    1. Internet sebagai media komunikasi :
    merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.

    2. Media pertukaran data :

    dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

    3. Media untuk mencari informasi atau data :
    perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.

    4. Kemudahan memperoleh informasi:
    kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.

    6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan :

    Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.

    Dampak Negatif :
     
    1. Pornografi
    Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.

    2. Violence and Gore
    Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.


    3. Penipuan
    Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.

    salah satu usaha pemerintah indonesia menciptakan internet yang sehat

    4. Carding
    Karena sifatnya yang real time(langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

    5. Perjudian
    Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.


    Tapi dibalik begitu bermanfaatnya internt , tentunya kita juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari internet, sehingga menjadikan kita lebih bijak lagi dalam hal penggunaan internet. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari internet :

    Kelebihan Internet :
    1. Akses 24 jam sehari dan 7 hari seminggu
    Internet tidak pernah tutup dan tidur, internet menyediakan akses 24 jam tanpa kenal lelah. Kita dapat menjelajah internet untuk mencari informasi atau sekedar iseng saja selama 24 jam penuh.
    1. Media komunikasi Murah dan efisien
    Jika kita harus menelepon keluar kota atau ke negara lain tentunya harus banyak mengeluarkan biaya, dengan menggunakan internet kita bisa berkomunikasi kapanpun dengan siapapun dan dimanapun tentunya dengan harga yang jauh lebih murah, karena kita hanya membayar biaya koneksi internetnya saja. Enak khan…apalagi yang dapat internet gratisan…
    1. Penyedia Informasi yang cepat
    Anda tidak tahu tentang sesuatu bertanyalah ke internet, maka detik itu juga anda akan diberikan berbagai macam alternatif jawaban dari pertanyaan anda. Gimana asik khan ?
    1. Ajang promosi yang murah dan tertarget
    Promosi menggunakan internet maka anda akan mendapatkan fasilitas mudah, murah dan anda bisa dengan leluasa menentukan target dari promosi anda, dan yang asik lagi ndak pake ribet…
    1. Sarana jual beli yang murah dan efektif
    Jual beli offline tentunya sudah biasa, sekarang jamannya jual beli online dimana penjual dan pembeli ketemunya ya diinternet tanpa harus jumpa darat, selain mudah juga efektif dan menyenangkan bagi anda karena tidak harus keluar rumah dan bermacet ria di jalan…

    Kekurangan Internet :
    1. Pengawasan Hukum yang masih lemah
    Internet mengusung kebebasan dan pengawasan hukum untuk yang satu ini masih sangat lemah karena belum adanya kesepakatan dan kesepahaman antar pengguna internet tentang kebebasan
    1. Tidak adanya filter yang bagus
    Banyak yang berusaha untuk menyaring atau memfilter informasi di internet tapi pada kenyataannya banyak yang gagal sehingga informasi yang membahayakan dan informasi yang kurang pantas masih bebas berkeliaran diinternet.

    1. Banyaknya Informasi palsu
    Bertebarannya berjuta informasi  di internet tentunya tidak semuanya benar dan bermanfaat, banyak sekali informasi-informasi palsu yang bertebaran diinternet yang tentunya sudah memakan banyak korban, maka waspadalah…


    1. Privasi yang mudah dibobol
    Jangan heran kalau diinternet banyak privasi yang harusnya dijaga dengan baik dengan mudahnya dibobol dan diacak-acak orang yang tidak bertanggung jawab yang pastinya merugikan.
    1. Kadang sebagai media penipuan yang mudah
    Pernah tertipu di internet ?, jika iya memang kenyataannya seperti itu penipuan menjamur dari yang mengatasnamakan pribadi mapun perusahaan. Jadi selektif dalam memilih dan memilah itu adalah sarannya…

    Terlepas dari baik buruk, kekurangan dan kelebihannya internet, jika kita hidup di era modern sekarang ini tentunya mau atau tidak mau pasti kita bersinggungan dengan internet, maka kita harus bijak dalam menentukan penggunaan internet.



      


    Daftar pustaka :


    • Supardi, Yuniar. 2009. Internet untuk Segala Kebutuhan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
    • Tanenbaum, Andrew. 2000. Jaringan Komputer, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I


    You Might Also Like

    0 komentar: